Rubrik India Harian Orbit Medan

Kamis, 28 Oktober 2010

Tamil Numerology & Panchagem (Solusi Pemecahan Masalah serta kunci sukses kehidupan) Oleh: Jansen Arul Prasad S.Kom



Numerology di kenal sebagai seni yang mempelajari angka- angka, yang telah ada sejak ratusan tahun yang lalu. Numerology versi tamil saat ini dianggap mampu membuat sebuah prediksi/ramalan tentang peruntungan berdasarkan tanggal, bulan dan tahun kelahiran seseorang. Berbicara Numerologi tentunya tidak terlepas dari angka dan huruf(abjad). Hal ini memberikan suatu pengertian bahwa setiap kehidupan kita selalu di dominasi oleh angka-angka.
Ini terlihat jelas di mana rumah kita memiliki angka, rekening tabungan kira juga memiliki angka, No.hp juga memiliki angka, bahkan seiring Perkembangan proses kehidupan kita juga di dominasi oleh angka. Tentunya seseorang yang merencanakan pernikahan  juga memilih tanggal perkawinan yang tidak lain berupa angka. Tidak hanya itu sebuah deskripsi di bawah ini akan mengingatkan kita akan sebuah keistimewaan angka.
 Perangkat digital tercanggih sekalipun tidak terlepas dari angka (contohnya jam digital dan kalkulator). Ketika kita perhatikan sebuah kalkulator dalam keadaan (off) pada display menunjukkan bilangan digital menyerupai angka 8, namun jika peralatan canggih tersebut kita nyalakan (on) kemudian di beri input, kombinasi angka dari 1 – 9 akan menampilkan sebuah digit angka. Sejenak kita beralih ke alphabet yang terdiri dari 26(2+6=8) huruf.
Ketika kedua angka tersebut di kalkulasi menghasilkan angka 8. Apakah angka 8 ini tergolong istimewa ?, Bagi saya hal ini sangatlah istimewa mengingat tanggal kelahiran saya adalah 26 juli( 2+6=8). Sebuah informasi juga pernah saya terima di mana etnis tionghua juga mengistimewakan angka 8 ini.
Numerologi sangat mendominasi di kalangan etnis tamil, khususnya yang beragama hindu, hal serupa juga terjadi pada ilmu sejenis yang di sebut Panchagam. Panca berarti lima, anggam artinya bagian. Jadi Panchagam itu bisa di sebut semacam kalender versi tamil yang di dasarkan pada lima faktor, yaitu: Varam (hari dari senin - minggu), Thithi (jangka waktu 15 hari antara rembulan baru ammawasai  dan bulan purnama/ pournami), Natchatirem (27 bintang versi tamil), Yogam (27 jangka waktu) di kenal sebagai amirtha-yogam dan sittha-yogam .
Di lain sisi, budaya hindu tamil juga mengenal istilah Raasi  yang sama artinya dengan zodiac (cancer, Gemini..dst). Kedua bidang ilmu ini (Numerology dan Panchagam) saling berkaitan erat. Keduanya di gunakan masyarakat tamil dalam berbagai keperluan menjalankan ritual-ritual keagamaan. Sebagai contoh, tradisi hindu tamil selalu memperhatikan Panchagam ini sebagai dasar memperoleh Porutham , Porutham ini di artikan sebagai dasar kecocokan bagi pasangan mempelai sebelum melangsungkan pernikahan.
Tujuan mempelajari/mengetahui porutham ini tidaklah mengabaikan pernikahan begitu saja pada nasib. Artinya, untuk memilih teman hidup bukan harus bergantung pada kemujuran dan nasib baik saja, karena agama hindu telah membekali kita dengan sarana alternative.
Kitab-kitab suci agama hindu mampu memberikan rincian dalam memastikan apakah calon mempelai wanita dan pria sudah serasi satu sama lain. Dari porutham ini ada 21 faktor yang harus di pertimbangkan pasangan mempelai sebelum melangsungkan pernikahan dan 10 diantaranya paling utama yaitu : Thinaporutham (kecocokan dalam bintang), kannaporutham (rukun/ harmonis) , Mahendraporutham (kecocokan memperoleh anak) , Shry theerka porutham ( kehidupan sejahtera hingga akhir), Yoni porutham (kecocokan jasmani), raasi porutham( kecocokan zodiac) , raasi athipathi porutham , vasiya porutham(saling melengkapi) , ratchu porutham (Menentukan rentang kehidupan suami/pencari nafkah) dan vethai porutham(antisipasi menghindar dari nasib buruk dan kemalangan dalam berumahtangga).
Setelah diperoleh kepastian dari porutham ini perkawinan boleh di langsungkan biasanya di dasarkan pada ke-5 porutham(kecocokan) yang di miliki atau cukup kuat pada kedua mempelai. Ke-5 itu yakni : Thinaporutham, kannaporutham, Yoniporutham, Raasiporutham dan Ratchuporutham. Untuk mengetahui Panchagem ini biasanya seseorang dapat berkonsultasi dengan seorang astrologer (ahli panchagem dan porutham) dalam menentukan hari, tanggal dan bulan pernikahan .
Beralih ke Numerology,  saya sebagai Numerologer , biasanya memprediksi/ meramalkan sesuatu menggunakkan dasar acuan terhadap Navagraha (ke-9 Planet), Nava artinya Sembilan, Graha artinya planet. Jadi ke-9 planet inilah yang mempengaruhi kesuksesan, karir , asmara , jodoh , kesehatan, watak serta peruntungan seseorang . Ke-9 planet ini yakni : Suriyan(matahari), Santhiran (bulan) , Guru (Jupiter), Ragu (Uranus), Butha (merkurius), Sukkiran (Venus), Kethu (Neptunus) , Sani  (Saturnus),  Sevai (Mars).
Masing- masing planet memiliki karakteristik yang berbeda- beda, hal ini yang menyebabkan karakteristik kita yang berbeda – beda. Tanggal kelahiran seseorang nantinya di kombinasikan melalui perhitungan numerology berdasarkan letak/ posisi dari navagraha tersebut. Dari rincian tersebut saya dapat memastikan/ memberikan solusi dari pemecahan masalah bagi seorang klient.

1 komentar:

  1. [Ana]...

    In case you missed my email the other day, here’s a powerful (and free) tool that will literally increase your manifesting power 10-fold and force the universe to give you all the tools you need to create financial, emotional, and spiritual abundance…

    >>> Personalized Numerology Reading for [NAME].

    You’d be amazed at the shockingly accurate and revealing information that can be deciphered from nothing more than your name and date of birth.

    With this free numerology reading, you’ll discover:

    >>> Get your free Numerology Reading here.

    Remember to keep an open mind! This reading is bound to reveal some pretty intimate details about your life and may expose a raw nerve or two. But I promise, after you get your reading, you’ll wish you received this information YEARS ago.

    [SIGN OFF]

    P.S. WARNING: You may find it hard to sleep tonight from the sheer excitement of what’s possible in your life once you have Numerology on your side. >>> See it for yourself here.


    BalasHapus