Rubrik India Harian Orbit Medan

Kamis, 28 Oktober 2010

Jaya Singamma Kali Koil , Kuil Kecil Yang Berada Di Tengah Masyarakat Heterogen




Kuil yang berada di daerah Jalan Multatuli Medan, yaitu Kuil Jaya Singamma Kali Koil merupakan  salah satu kuil tertua di Kota Medan, meskipun terbilang kecil  Kuil yang berada di daerah dekat dengan rumah penduduk ini tetap sering melakukan kegiatan ritual ibadah.

Kuil yang didirikan oleh Ibu Letjmi pada tahun 1957 ini, merupakan tempat sembahyang  umat Hindu, tidak jarang warga Medan keturunan India sering melakukan ritual ibadah di kuil yang berada di daerah kebun sayur ini.

Letak lokasi Kuil ini sangat berbaur dengan berbagai suku dan agama walaupun begitu, seluruh warga yang berada di dekat kuil selalu menghargai umat Hindu yang berada di dekat kuil tersebut, suasana ramai selalu muncul bila Kuil Jaya Singamma Kali Koil ini mengadakan ritual keagamaan pada hari-hari tertentu.

Ketika harian Orbit mencoba berkunjung ke kuil tersebut , salah seorang pendeta Kisen Kumar, beliau memperlihatkan beberapa patung yang dianggap suci oleh umat hindu.

Patung-patung yang ada antara lain, patung Dewi Kali, patung Dewi Lasmi, patung Ganesha, patung Siwalinggam, patung Muruga dan beberapa patung-patung suci lainnya.

Pendeta Kisen Kumar juga menjelaskan tentang  patung Dewi Kali yang ada di dalam Kuil , beliau menceritakan bahwasannya pada zaman dahulu, di suatu tempat pernah  diserang oleh wabah penyakit yang sangat berbahaya, kemudian dewi kali menyelamatkannya sampai daerah tersebut terhindar dari wabah penyakit yang berbahaya.

Maka untuk mengenang dan menghormati Dewi Kali, setiap bulan tertentu umat Hindu selalu mengadakan ritual keagamaan diseluruh kuil Dewi Kali, acara ritual keagamaan biasanya disebut dengan Tiruvila, acara ritual Tiruvila biasanya diadakan pada bulan tertentu untuk menjauhkan umat manusia dari bencana-bencana yang tidak diinginkan.

Kuil Jaya Singamma Kali Koil sering dikunjungi oleh umat-umat Hindu dari berbagai pelosok wilayah, mereka yang berkunjung juga sering melakukan sembahyang dan berdoa kepada seluruh Dewa maupun Dewi yang mereka percayai, agar selalu dilindungi dan diberikan keberuntungan dalam menjalankan kehidupan sehari-hari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar