Rubrik India Harian Orbit Medan

Kamis, 28 Oktober 2010

Masyarakat Hindu Rayakan Aadhi Maha Puja


Ada pemandangan berbeda dengan Shri Kaliaman Kuil atau yang biasa di kenal dengan nama kuil Kaliamman yang terletak di Jalan Zainal Arifin Medan. Ratusan orang yang didominasi keturunan India Tamil tampak berduyun-duyun mengunjungi perayaan tersebut dalam rangka melaksanakan upacara keagamaan yakni acara Adhi Maha Puja. Acara itu dihadiri umat Hindu dari berbagai kalangan di Kota Medan.

Tampak terlihat para wanita keturunan Tamil mengenakan pakaian khas India yakni seperti yang kita kenal dengan sari. Pakaian yang pada umumnya terbuat dari bahan sutra tersebut terlihat elok membalut tubuh wanita-wanita India. Namun pada perayaan tersebut, tak ada sebuah keharusan pengunjung yang datang mengenakan sari.

Berbagai kembang aneka warna dirangkai dan ditabur di lokasi acara. Aroma dupa pun tercium. Sementara peserta ritual tidak diizinkan mengenakan alas kaki, baik sandal maupun sepatu. Sebab lokasi ritual dianggap sudah suci karena sebelumnya disiram air kunyit, sehingga tidak bisa diinjak menggunakan sandal atau sepatu.

Acara Adhi Maha Puja merupakan acara tahunan umat beragama Hindu yang digelar pada pertengahan Juli yakni antara 14 -  17, hingga pertengahan Agustus dan pelaksanaannya sendiri berjalan selama satu bulan berturut-turut. Upacara ini dirangkai peringatan bulan Adi (bulan dalam agama Hindu).

Menurut pengakuan seorang Pandita M Chandra Bose yang sehari-hari bekerja sebagai pengurus kuil mengaku tujuan utama upacara tersebut adalah untuk menolak bala. Atau dalam artian menolak segala penyakit maupun bahaya yang mungkin menimpa umat manusia di bumi.

Pandita M Chandra menerangkan pada tahun ini ritual tersebut dimulai pada 17 Juli, dan akan berakhir pada 16 agustus, dan selama satu bulan penuh berisi dengan doa dan sembahyang dikuil.  Proses ritual tersebut dimulia sejak pagi hari, sejak pukul 05.00, dimulai dengan memandikan seluruh arca yang ada dikuil. Kemudian dilanjutkan dengan menghias arca-arca tersebut dengan bunga-bunga segar.

“ Kemudian setelah itu, Bahktha(umat) datang, dan mereka membaca kidu-kidu atau bajen(lagu-lagu agama) dan diakhiri dengan Thianem(meditasi). Terkadang ditambah lagi dengan Dharmawacana(khotbah) dari pendeta, dilanjutkan dengan maler podri yakni acara pemberian bunga ditubuh dewa,”ujarnya.

Kata Pandita lagi, setelah ritual tersebut selesai dilaksanakan, semua pengunjung atau umat yang hadir diberikan makanan yang telah disediakan oleh pihak kuil. Makanan yang menjadi cirri khas adalah bubur yang dimasak, lalu dibagikan kepada pengunjung. Untuk bubur sendiri, pihak kuil menyediakan dua jenis, yakni bubur tawar yang terbuat dari beras, dan bubur manis dari mata ikan.

Namun yang lebih menarik adalah bubur tawar yang diberi semacam sayur hijau dari cincangan kangkung, dan bagi pengunjung yang selesai menikmati bubur dapat dengan segera mengambil tempat untuk menikmati makan siang. Tak seperti biasa, jika  dalam upacara ritual untuk menikmati makanan mereka menggunakan daun pisang sebagai piringnya.

  Untuk itu, acara makanan yang diadakan dilakukan secara bergantian, jika berganti orang, maka berganti pula daun pisang yang digunakan, namun setiap makanan yang disediakan disini tidak lah makanan yang berbau amis, seperti ikan, telur, dan juga daging, maka dari itu makanan yang dimasak adalah makanan yang vegetarian,” ujar Pandita M Chandra Bose.Om-15

1 komentar:

  1. UANG KECIL JADI UANG BESAR???MAU???
    CUMA DI SUMOQQ YANG BISA!!!
    WAKTUNYA BERGABUNG BERSAMA KAMI SUMOQQ.INFO

    SITUS KARTU TARUHAN ONLINE TERPERCAYA DENGAN RATING KEMENANGAN TERTINGGI!!
    BONUS TERBESAR!!!

    MINIMAL DEPOSIT RP.15.000,-
    MINIMAL WITHDRAW RP.15.000,-
    MODAL MINIMAL HASIL MAXIMAL

    BONUS REFERAL SEUMUR HIDUP(20%)
    SETIAP 10HARI SEKALI
    BONUS ROLLINGAN TERBESAR (0,5%)
    SETIAP 5HARI SEKALI

    TERSEDIA 8 PERMAINAN TERFAVORITE:
    - . BANDARQ
    - . ADUQ
    - . BANDARPOKER
    - . POKER
    - . DOMINO99
    - . CAPSASUSUN
    - . SAKONG
    - . BANDAR66

    TRANSAKSI MUDAH DI 5 BANK BESAR :
    - . BCA
    - . BNI
    - . BRI
    - . MANDIRI
    - . DANAMON

    DILAYANI CS PROFFESIONAL 24JAM NONSTOP!!

    CONTACT KAMI :
    BBM : D8ACD825
    WA : +855964973259
    LINE : SUMOQQ88
    WECHAT : SUMO99QQ

    BalasHapus