Rubrik India Harian Orbit Medan

Minggu, 31 Oktober 2010

Navagraha (ke-9 Planet) Versi Tamil Peran, Karakteristik Dan Pengaruhnya Terhadap Pribadi Seseorang Vol-2 Oleh : Jansen Arul Prasad,S.kom

Om Swastiastu, salam sejahtera bagi pembaca sekalian. Rubrik kali ini akan menyajikan lanjutan dari edisi sebelumnya mengenai Navagraha. Pada rubrik ini saya akan menjelaskan peran , karakteristik dan pengaruh Navagraha ke masing- masing pribadi. Pengaruh yang di timbulkan Navagraha akan berbeda antara pribadi yang satu dengan yang lain, hal ini di karenakan masing- masing dari kita memiliki tanggal , hari lahir dan juga wasana karma( karma di kelahiran sebelumnya ) yang berbeda. 

Navagraha yang berasal dari Dewa Brahma melalui Sapta Rsi ini bertindak layaknya sebuah hakim yang bertugas sebagai penentu kapan, di mana , bagaimana , oleh siapa dan berapa lama kita harus menerima hasil dari karma kita. Mereka juga menguasai elemen –elemen dari Panca Maha Botha(5 elemen) yang ada dalam tubuh berupa organ. Ubun-ubun(unsur Ether/Akasa), Paru-paru(udara), Perut sebagai organ pencerna(api), ginjal(sirkulasi air), kedua kaki organ penggerak (bertumpu pada bumi unsur tanah). Navagraha ini juga mempengaruhi kondisi fisik dan karakter seseorang. 
“Surya sebagai awal dan Sanii sebagai akhir” istilah ini tidak asing dalam tradisi hindu dan diyakini sebagai awal mulanya seorang bayi di lahirkan memperoleh nafas kehidupan dari Surya. Kemudian Chandra memberinya daya pikir. Butha memberikan otak sebagai organ pengendali saraf, Guru melanjutkannya dengan intelijensi bagi seorang anak yang memulai pendidikan , di lanjutkan Sukhiran memberikan berkat kelimpahan dan kesenangan menikmati kemewahan hidup, lalu Sevai memberikan keteguhan moral dan mental serta jati diri menghadapi tahap kedewasaan dan pada akhir siklus kehidupan, Sanii datang sebagai bentuk kematian. Tentunya hal ini dapat kita terima kebenarannya yang disebut dengan siklus kehidupan.
            Kadang kala seorang di hadapkan pada permasalahan kesehatan, berbagai usaha telah di coba untuk memperoleh kesembuhan namun sulit menemukan titik terang. Sebagai informasi suatu study kasus yang pernah saya baca di media ,di mana ilmu kedokteran di India menggunakan perhitungan berdasarkan Navagraha sebagai solusi penanggulangan dan pengobatan terhadap penyakit yang sukar di deteksi. Hal ini tentunya berdasarkan kajian ilmu pengetahuan yang mendalam bukannya dugaan semata.
Mereka meyakini konsep Navagraha di mana ke-9 Planet ini mendominasi titik-titik tertentu. Surya(mendominasi keadaan fisik, tulang lunak dan organ penglihatan), Chandra(otak, sel darah dan pernafasan), Sevai (sebagai sumber kekuatan dan tulang keras anggota gerak), Butha(inteligensi dan kulit),Guru (kerohanian dan daging), Sukhiran (emosi dan kecerdasan daya cipta, kreasi), Sanii (penstabil/ kesedihan,duka dan kematian), Raagu (kebijaksanaan,koordinasi otak dan saraf), Kethu (kebijaksaan dan organ  pencernaan).
Pengobatan ayur vedic(alternative) juga memakai konsep Navagraha ini. Lantas , yang menjadi pertanyaan besar bagi kita bagaimana karakteristik Navagraha tadi dapat kita manfaatkan sebagai solusi bagi pemecahan masalah yang kita hadapi?, tentunya tidak terlepas daripada perhitungan Numerology dan Panchagem. Sebagian dari kita bertanya darimana asal penyakit?, kapan kondisi kesulitan ini berakhir?, kapan peruntungan itu datang menghampiri kita?, mengapa nasib saya berbeda dengan orang lain?, apakah ini sebuah takdir? .

Banyak persepsi yang muncul bahkan sebagian dari kita mulai goyah akan kepercayaan dan beralih ke jalan yang kurang benar, lalu mencoba melaksanakan ritual-ritual yang di sangsikan kebenarannya. Sebagai umat hindu, para Rsi-rsi terdahulu telah mewarisi kita sarana alternative berdasarkan kitab-kitab pengetahuan termasuk Panchagem salah satunya. Panchagem tersebut itu tidak pernah salah hanya saja perhitungan oleh ahlinya kadang kala tidak tepat. 
            Pada rubrik mendatang saya akan menjabarkan bagaimana cara pemujaan terhadap Navagraha dan Athidevathai (Dewa yang berkuasa pada masing-masing graha) juga seputar pertanyaan berikut jawaban yang akan menuntun kita untuk lebih mengetahui makna filosofis dari agama hindu terkhususkan tamil.  
            Terimakasih saya ucapkan kepada para pembaca dan juga partisipan yang berkenan memberikan masukan, kritik dan saran sehingga hal ini menjadi kebahagiaan tersendiri bagi pembaca dan saya penulis. OM GAM GANAPATHIYE NAMAHA… OM SANTHI.. SANTHI… OM

Tidak ada komentar:

Posting Komentar